Sejarah MICROSOFT ACCES

Standar

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.

            Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

A.Sejarah

            Microsoft merilis Microsoft Access 1.0 pada bulan November 1992 dan dilanjutkan dengan merilis versi 2.0 pada tahun 1993. Microsoft menentukan spesifikasi minimum untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 adalah sebuah komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0, RAM berkapasitas 4 megabyte (6 megabyte lebih disarankan) dan ruangan kosong hard disk yang dibutuhkan 8megabyte (14 megabyte lebih disarankan). Versi 2.0 dari Microsoft Access ini datang dengan tujuh buah disket floppy 3½ inci berukuran 1.44 megabyte.

            Perangkat lunak tersebut bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record tapi terdapat beberapa kasus di mana data mengalami kerusakan. Sebagai contoh, pada ukuran basis data melebihi 700 megabyte sering mengalami masalah seperti ini (pada saat itu, memang hard disk yang beredar masih berada di bawah 700 megabyte). Buku manual yang dibawanya memperingatkan bahwa beberapa kasus tersebut disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.

            Nama kode (codename) yang digunakan oleh Access pertama kali adalah Cirrus yang dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic, sementara mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya dinamakan dengan Ruby. Bill Gates melihat purwarupa (prototype) tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersama-sama sebagai sebuah aplikasi terpisah tapi dapat diperluas. Proyek ini dinamakan dengan Thunder. Hal tersebut berakhir saat Microsoft merilis Visual Basic for Applications (VBA).

B.Versi

Tanggal

Nama versi

Nomor versi

Sistem operasi yang didukung

Versi Microsoft Office

1992

Microsoft Access 1.1

1

Microsoft Windows

T/A

1993

Microsoft Access 2.0

2

Microsoft Windows

Microsoft Office 4.3 Professional

1995

Microsoft Access for Windows 95

7

Microsoft Windows 95 dan Windows NT 3.51

Microsoft Office 95 Professional

1997

Microsoft Access 97

8

Microsoft Windows 95/98 dan Windows NT 3.51/NT 4.0

Microsoft Office 97 Professional

1999

Microsoft Access 2000

9

Microsoft Windows 98/Me, Windows NT 4.0/2000

Microsoft Office 2000 Premium dan Office 2000 Professional

2001

Microsoft Access 2002

10

Microsoft Windows 98/Me, Windows NT/2000/XP

Microsoft Office XP Professional

2003

Microsoft Access 2003

11

Microsoft Windows 2000 (Service Pack 3 ke atas)/XP (Service Pack 1 ke atas)/Server 2003

Microsoft Office System 2003

2007

Microsoft Access 2007

12

Microsoft Windows XP (Service Pack 2)/Server 2003/Vista/Server 2008 (Beta 2 ke atas)

Microsoft Office System 2007

2010

Microsoft Access 2010

14

Microsoft Windows XP (Service Pack 3)/Windows Server 2003 R2(32-bit)/Windows Server 2008(32-bit atau 64-bit)/Windows Vista (Service Pack 1)/Windows 7

Microsoft Office Professional 2010

C.Penggunaan

            Microsoft Access digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, di dalam sebuah organisasi yang kecil bahkan mungkin juga digunakan oleh perusahaan yang cukup besar, dan juga para programmer untuk membuat sebuah sistem buatan sendiri untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP). Meskipun demikian, penggunaan Access kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi.

            Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara cepat (digunakan sebagai Rapid Application Development/RAD tool), khususnya untuk pembuatan purwarupa untuk sebuah program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman.

            Microsoft Access kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server. Meskipun demikian, tampilan muka Access (formreportquery, dan kode Visual Basic) yang dimilikinya dapat digunakan untuk menangani basis data yang sebenarnya diproses oleh sistem manajemen basis data lainnya, seperti halnya Microsoft Jet Database Engine (yang secara default digunakan oleh Microsoft Access), Microsoft SQL Server, Oracle Database, dan beberapa produk lainnya yang mendukung ODBC.

D.Fitur

            Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrogramanStructured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access. Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA dan Macro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek.

            Microsoft SQL Server Desktop Engine (MSDE) 2000, yang merupakan sebuah versi mini dari Microsoft SQL Server 2000, dimasukkan ke dalam Office XP Developer Edition dan dapat digunakan oleh Microsoft Access sebagai alternatif dari Microsoft Jet Database Engine.

            Tidak seperti sebuah sistem manajemen basis data relasional yang komplit, Microsoft JET Database Engine tidak memiliki fitur triggerdan stored procedure. Dimulai dari Microsoft Access 2000 yang menggunakan Microsoft Jet Database Engine versi 4.0, ada sebuah sintaksis yang mengizinkan pembuatan kueri dengan beberapa parameter, dengan sebuah cara seperi halnya sebuah stored procedure, meskipun prosesur tersebut dibatasi hanya untuk sebuah pernyataan tiap prosedurnya. Access juga mengizinkan form untuk mengandung kode yang dapat dieksekusi ketika terjadi sebuah perubahan terhadap tabel basis data, seperti halnya trigger, selama modifikasi dilakukan hanya dengan menggunakan form tersebut, dan merupakan sesuatu hal yang umum untuk menggunakan kueri yang akan diteruskan (pass-through dan teknik lainnya di dalam Access untuk menjalankan stored procedure di dalam RDBMS yang mendukungnya.

            Dalam berkas Access Database Project (ADP) yang didukung oleh Microsoft Access 2000 dan yang selanjutnya, fitur-fitur yang berkaitan dengan basis data berbeda dari versi format/struktur data yang digunakan Access (*.MDB), karena jenis berkas ini dapat membuat koneksi ke sebuah basis data MSDE atau Microsoft SQL Server, ketimbang menggunakan Microsoft JET Database Engine. Sehingga, dengan menggunakan ADP, adalah mungkin untuk membuat hampur semua objek di dalam server yang menjalankan mesin basis data tersebut (tabel basis data dengan constraints dan triggerviewstored procedure, dan UDF). Meskipun demikian, yang disimpan di dalam berkas ADP hanyalah formreportmacro, dan modul, sementara untuk tabel dan objek lainnya disimpan di dalam server basis data yang membelakangi program tersebut.

E.Pengembangan dengan Access

            Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri, form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*.MDB). Untuk membuat Query, Access menggunakan Query Design Grid, sebuah progam berbasis grafis yang mengizinkan para penggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrogaman SQL. DI dalam Query Design Grid, para pengguna dapat memperlihatkan tabel basis data sumber dari query, dan memilih field-field mana yang hendak dikembalikan oleh proses dengan mengklik dan menyeretnya ke dalam gridJoin juga dapat dibuat dengan cara mengklik dan menyeret field-field dalam tabel ke dalam field dalam tabel lainnya. Access juga mengizinkan pengguna untuk melihat dan memanipulasi kode SQL jika memang diperlukan.

         Bahasa pemrogaman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic For Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office. Dua buah Pustaka komponen Component Object Model (COM) untuk mengakses Basis Data pun disediakan, yakni Data Acces Object (DAO), yang hanya terdapat di dalam Access 97, dan ActiveX Data Object (ADO) yang tersedia dalam versi-versi Access terbaru.

F.Kelebihan dan Kekurangan MS Acces

            Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah, yang digunakan untuk menangani pembuatan dan Manipulasi data dan juga digunakan sebagai basis data untuk aplikasi web dasar Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, danMicrosoft PowerPoint

            Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access,Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua container basis data yang mendukung standar ODBC.Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek

            MicrosoftAccess digunakan kebanyakan oleh bisnis-bisnis kecil dan menengah, akan tetapi penggunaanAccess kurang disarankan, mengingat telah ada Microsoft SQL Server yang memiliki kemampuan yang lebih tinggi

            MicrosoftAccess kurang begitu bagus jika diakses melalui jaringan sehingga aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh banyak pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien/server.

 Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL).Para pengguna dapat mencampurkan dan menggunakan kedua jenis bahasa tersebut (VBA

danMacro) untuk memprogram form dan logika dan juga untuk mengaplikasikan konsep berorientasi objek

            Access mengizinkan pengembangan yang relatif cepat karena semua tabel basis data, kueri,form, dan report disimpan di dalam berkas basis data miliknya (*MDB).Untuk membuat Query,Access menggunakan Query Design Grid, sebuah program berbasis grafis yang mengizinkan parapenggunanya untuk membuat query tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman SQL

            Bahasa pemrograman yang tersedia di dalam Access adalah Microsoft Visual Basic for

Applications (VBA), seperti halnya dalam beberapa aplikasi Microsoft Office

1.Pengertian Microsoft Access 2007

            Microsoft Access 2007 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2007 adalahsuatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yangbesar.Database adalah kumpulan tabel-tabel yang saling berelasi. Antar tabel yang satudengan yang lain saling berelasi, sehingga sering disebut basis data relasional.Relasi antar tabel dihubungkan oleh suatu key, yaitu  primary key dan foreign key 

            Access 2007 mempunyai tampilan user interface (UI) baru yangmenggantimenu, toolbars, dan sebagian besar task panes yang adadi Microsoft Accessversi sebelumnya dengan mekanisasi tunggal yanglebih simpel dan efisien. Userinterface (UI) baru ini dirancang untukmembantu Anda bekerja lebih produktif serta mudah dalam menggunakan seluruh fasilitas dan fungsi yang ada.

2.Mengenal Elemen Dasar pada Access 2007           

A.Office Button

Berisi backspace yang berisi beberapa pilihan perintah untuk mengelola dabase. Fasilitas ini hampir sama pada seluruh progam microsoft office 2007.

Pada gambar di atas terdapat beberapa Task Pane seperti ini:

            a)         New : Untuk membuat sebuah database baru.

b)         Open : Untuk membuka database yang pernah Anda buat sebelumya.

            c)         Save : Untuk menyimpan secara langsung database anda.

d)         SaveAs:Untuk menyimpan database anda menjadi berbagai format database lainnya/versi Microsoft Access sebelumnya(2000,2003 dan 2007) atau biasa juga dalam bentuk PDF/XPS jika anda telah mempunyai add-ins nya

e)         Print : Fasilitas untuk mencetak database yang telah dibuat. Terdapat tiga

f)         pilihan yakni Print(mencetak dengan sebelumnya menentukan properti-properti printer dan halaman yang akan dicetak),Quick Print(mencetak database secara langsung tanpa melakukan perubahan property-properti pada printer)dan Print Preview(untuk mengatur sebelum database dicetak)

g)         Manage : ini merupakan fasilitas untuk mengatur database yang telah kita

h)         buat.Terdapat tiga pilihan:Compact and Repair Database(untuk melakukan maintenance atau juga merepair), Back Up Database(Fasilitas untuk membackup untuk mencegah terjadinya kehilangan data) Database Properties(dari fasilitas ini akan memunculkan kotak dialog yang dimana anda dapat menentukan propertis dari database yang sedang anda buat).

i)          Email : Fasilitas ini memudahkan anda dalam mengirimkan database melalui email.

j)          Publish : Fasilitas ini digunakan setelah database yang dibuat telah selesai atau final. Terdapat dua pilihan didalamnya Document Manajement Server,(Tempat menaruh document/database di server sehingga dapat dengan mudah untuk diakses maupun dibagi ke user lainnya), Package and Sign(ini digunakan untuk memberikan digital signature pada package database yang telah anda buat)

            k)         Close Database : Untuk keluar dari database

B. Ribbon

Element ini merupakan interface baru yang ditawarkan dalam Microsoft Office 2007. Element ini semakin mempermudah user dalam mengolah/mengedit data. Pada Access 2007 terdapat empat tab yakni Home,Create,External Data dan Database Tools.

                       

Pada tab Home terdiri dari tujuh group:

¶ Views           : Group ini memudahkan pengguna dalam melihat/mengedit Database-nya.Terdapat beberapa pilihan yang berbeda-beda tergantung dengan objek Database yang dipilih atau yang sedang dikerjakan.

¶ Clipboard      : Berisi perintah-perintah dasar seperti Cut,Copy,paste dan Format.

¶ Font              : Berisi pengaturan-pengaturan jenis huruf,ukuran,warna,perataan dan sebagainya

¶ Rich Text    : Berisi kumpulan untuk memperkaya format teks,seperti pengaturan   Paragraph ,Identasi,Bullet and Numbering.

¶ Record          : Berisi perintah-perintah untuk pengolahan record.

¶ Sort & Filter : Group ini sering digunakan karena berisi perintah untuk melakukan penyaringan atau juga mengurutkan data berdasarkan kriteria tertentu.

¶ Find             : Untuk berisi perintah untuk mencari dan juga dapat mengganti data yang anda cari dengan data yang lain.

Pada tab Create terdiri dari empat group:

[ Tables           : Untuk membuat tabel data atau juga menentukan tipe tabel yang akan kita buat.

[ Forms           : Form merupakan input bagi user ketika ingin memasukkan data baru.Di tab ini terdapat berbagai pilihan pengaturan form.

[ Reports         : Atau laporan,penyajian akhir dalam bentuk laporan data-data.Anda dapat membuat dan mengatur seperti ap areport yang akan anda gunakan.

[ Other           : Di group ini terdapat dua pilihan utama untuk pembuatan Query dan Macro.Keduanya akan kita bahas tersendiri pada bab berikutnya.

Pada tab External Data juga terdiri dari empat group:

­ Import         : Fasilitas ini dapat anda gunakan ketika ingin memasukkan document lain dalam Database anda.

­ Export         : Kebalikan dari Import,Anda dapat mengexport database yang telah anda buat ke program aplikasi lain.

­ Collect Data : Berhubungan dengan pengiriman database melalui E-mail.

­ SharePoint List : Dalam group ini  kita dapat melakukan sinkronisasi database dengan SharePoint.

Pada tab Database Tools terdiri dari lima group:

J Macro                     : Berisi rangkaian perintah berupa aksi yang dapat dilaksanakan secara otomatis. Di group ini kita dapat menggunakan Visual Basic dalam pembuatan perintahnya.

J Show/Hide             : Berisi pembuatan Relationships (hubungan antar tabel) dan juga perintah lainnya.

J Analyze                  : Anda juga dapat menganalisa perfoma dari database yang anda buat pada group ini dan juga menganalisa keefektifan penggunaan tabel.

J Move Data              : Database yang telah anda buat dapat digunakan(move) menjadi SQL Server atau Database Access.Tentunya dalam mengubah database anda menjadi SQL Server dibutuhkan program SQL Server pada komputer kita.

J Database Tools       : Salah satu fitur advance yang ada pada Access 2007 seperti kita dapat memberikan,melakukan enkripsi database dengan menggunakan password dan juga fitur-fitur advance lainnya.

3. Komponen Utama (Object)

            A. Table

Table adalah objek utama dalam database yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data sejenis dalam sebuah objek. Table terdiri atas:

            JField Name : atribut dari sebuah table yang menempati bagian kolom.

JRecord : Isi dari field atau atribut yang saling berhubungan yang menempati bagian baris.

            B. Query(SQL/Structured Query Laguage)

Query adalah bahasa untuk melakukan manipulasi terhadap database.Digunakan untuk menampilkan ,mengubah,dan menganalisa sekumpulan data.Query dibedakan menjadi 2,yaitu:

® DDL(Data Definition Language) digunakan untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel,relasi antar tabel dan sebagainya.

® DML(Data Manipulation Language) digunakan untuk manipulasi database,seperti : menambah,mengubah,atau menghapus data serta mengambil informasi yang diperluka dari database.

C.Form

            Form digunakan untuk mengontrol proses masukan data(input), menampilkan data(output),memeriksa dan memperbaharui data.

D.Report

            Report digunakan untuk menampilkan data yang sudah dirangkum dan mencetak data secara efektif.

4.Membuka Microsoft Access dan Membuat Database(New Project)

            Langkah-langkah untuk membuka Microsoft Access dan membuat database:

a)      Click Start—All Program—Microsoft Office—Microsoft Access 2007

b)      Kemudian akan tampil jendela Microsoft Access seperti gambar di bawah ini,

c)      Lalu klik Black Database untuk membuat Database

d)     Membuat Database Buku.accdb kemudian click tombol create

5.Membuat Table

            Langkah-langkah untuk membuat table :

a)      Click tab Create pada jendela.

b)      Click Table Design pada ribbon Tables.

c)      Masukkan nama field beserta tipe datanya,kemudian simpan table (Ctrl+S)

d)     Kemudian click ribbon View pada tab home ,lalu pilih Databasheet View untuk masukkan data ke dalam tabel

6.Table Relationship

            Table Relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel.Relasi antar tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key . Untuk membuat relationship maka masing-masing tabel harus memiliki primary key dan foreign key untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.

            Sehingga dapat diperlukan teknis normalisasi terlebih dahulu sebelum membuat relationship antar tabel.Normalisasi merupakan proses pengelompokan data elemen menjadi tabel yang menunujukkan entitas dan relasinya

.

Ada beberapa macam relationship:

[ Primary Key

            Tabel memiliki primary Key,yaitu suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.

[ Foreign Key

            Foreign Key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara tabel induk dengan tabel anak.Foreign Key ditempatkan pada tabel anak.

            Langkah-langkah untuk membuat Database Relationship(dalam hal ini, akan dibuat table relationship untuk tabel buku dan tabel penerbit) :

a)      Click tab Database Tools pada jendela

b)      Click Relationship pada ribbon Show/Hide

c)      Kemudian akan muncul tab Relationship pada object tab dan kotak dialog Show Table,kemudian pilih tab Tables

d)     Click tabel Buku dan Penerbit lalu klik button Add,kemudian hubungkan ID-Penerbit pada tabel penerbit dengan ID-P enerbit pada tabel buku.

e)      Kemudian akan muncul kotak dialog Edit Relationship . Click checkbox Enforce Referential Integrity,lalu click buttin create.

f)       Setelah Click button create,muncul relasi tabel seperti gambar dibawah ini

.

7.Membuat Form

            Form adalah komponen utama yang terintegrasi secara khusu dan berfungsi sebagai menginputkan data,mengedit dan menampilkan data,mengontrol application flow,dan mencetak informasi.

            Langkah-langkah untuk membuat Form :

a)      Click tab create pada jendela.

b)      Click More Form pada ribbon Forms .kemudian pilih Form Wizard.Sehingga akan muncul kotak dialog Form Wizrad.

c)      Memilih tabel yang atribut-atributnya akan digunakan.

d)     Click > atau >untuk memilih atribut-atribut yang akan ditampilkan dalam Form.

e)      Memilih bentuk layout form kemudian click next

.

f)       Memilih style form kemudian click next.

g)      Kemudian simpan form dengan nama Buku, lalu click finish. Lalu akan tampilan Form View sbb :

h)      Untuk mengatur tampilan form dapat dilakukan pada tampilan Design View.Click tab Home,kemudian pada ribbons Views click Design View.

Gambar diatas menunujukkan tampilan Design View yang digunakan untuk mengubah susunan form sesuai dengan keinginan user.Pada design View user dapat menambahkan tools(misal : tombol navigasi,textbox,check box,list box)

8.MEMBUAT TAMPILAN FORM

1. Klik View>design view
2. Tekan f4

3. Sesuiakan properties yang muncul
a. Record selector : No
b. Navigation button : No
c. Dividing Line :No
4. Setelah disamakan klik close
5. Klik file>save

9.MODIFIKASI FORM

1. Klik view>design view
2. Klik view>form header/footer
3. Klik sekali lagi view>form header/footer
4. Pada toobox klik (Label)
5. Letakan pada form header
6. Klik BIODATA

7. Tekan tombol ctrl+enter
8. Ketik KARYAWAN
9. Klik sembarangklik garisnya
10. Perbesar hurufnya menjadi 14 point dan letakan ditengah(center)
11. Pada toolbox
12. Klik combo box lalu letakan pada form header
13. Akan muncul jendela combo box. Kemudian ikuti gambar berikut:
a. Klik find a record on my form …>klik next

b. Klik NAMA LENGKAP>klik > >klik next
c. Klik next
d. Ketikan “CARI NAMA KARYAWAN”

e. Klik finis
f. Lihat hasilnya klik form view

14. Kembali ke design view
15. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to first record>next>go to first 1>finis
16. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to previous record>next>go to previous 1>finis
17. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to next record>next>go to next 1>finis
18. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record navigation>go, to last record>next>go to last 1>finis
19. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations>add new record>next>text: TAMBAH>finis
20. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations >delet record>next>text: HAPUS>finis
21. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: record operations >save record>next>text: SIMPAN>finis
22. Pada tool box klik command button lalu letakan pada form footer kemudian ikuti langkah berikut: form operations >close form>next>text: TUTUP>finis

23. Atur posisi yang anda inginkan
24. Klik file>save
25. Klik view>form view
26. Klik tombol TAMBAH
27. Ketikan data-data seperti dibawah ini:

28. Seteh itu klik tombol SIMPAN
29. Klik file>close]

REPORT

1. Klik Creat>Report Wizard> Pilih semua >> >next
2. Klik Auto Reports : Tambular
3. Pilih modify the report’s design >finish

4. Setelah itu tingal anda design sesuai yang anda inginkan.
5. Setelah itu pilih report view untuk melihat hasilnya
6. Klik file>save
7. HASILNYA

MENGABUNGKAN REPORT KE FORM

1. Klik Form>Klik Design view
2. Pada toolbox klik command button >lalu letakan pada Form footer. Kemudian ikuti langkah berikut:
a. Pilih report operation>preview report>next>klik report biodata karyawan>next>text : REPORT BIODATA>finish.
3. Atur tombol sebagai berikut :

4. Klik view>form view
5. Klik save
6. Setelah itu coba anda klik REPORT BIODATA
7. Close

            Langkah-langkah untuk membuat tombol navigasi form buku seperti gambar di bawah ini:

            Langkah-langkah untuk membuat tombol navigasi :

a)      Membuka Form yang akan di edit,kemudian pilih Design View.

b)      Pilih Button pada ribbon Controls

c)      Kemudian akan muncul kotak dialog Command Button Wizrard

d)     Memilih Categories dan action sesuai kebutuhan user,kemudian klik next.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s